Penyuluhan HIV/ AIDS

Bertepatan pada tanggal 1 April 2017 kemarin, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Akademi Kebidanan Mandiri Gresik melakukan kegiatan penyuluhan tentang HIV/ AIDS di SMAN 1 Cerme. Kegiatan ini bertemakan “Mewujudkan Generasi Muda Indonesia yang Berakhlak, Terpelajar, Berpengetahuan dan Terhindar dari HIV/AIDS ”.

Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah agar para remaja dapat mengetahui secara detail tentang penyakit menular ini berserta penyebab, cara penularan, tanda dan gejalanya serta bagiamana cara mencegah penyakit tersebut. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa penyakit HIV/AIDS ini merupakan penyakit menular yang saat ini sangat meningkat pesat di Negara ini.

Untuk itu, kita sebagai generasi muda yang mengerti akan fenomena tersebut, membuat gerakan stop HIV/AIDS dengan melakukan kegiatan penyuluhan, khususnya di kalangan remaja yang sangat rentan terkena / tertular penyakit tersebut, dikarenakan mereka yang kurang memahami penyebab dan penularan penyakit tersebut serta perilaku yang menyimpang seperti pergaulan bebas yang semakin berkembang pesat di era ini.

Kegiatan Penyuluhan ini dimulai pukul 10.00 WIB, adapaun susunan acara dari kegiatan penyuluhan ini yaitu dimulai dari bacaan basmalah kemudian dilanjutkan dengan sambutan – sambutan dari Ketua Panitia dari Akademi Kebidanan Mandiri Gresik dan dilanjut sambutan kedua dari Waka Kurikulum SMAN 1 Cerme yaitu Ibu Mardiyah, berhubung beliau tidak bisa hadir dikarenakan ada kepentingan lain, maka untuk sambutan dari pihak SMAN 1 Cerme diwakili oleh ketua OSIS SMAN 1 Cerme.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyajian materi HIV/AIDS serta vidio animasi tentang HIV/AIDS oleh penyaji, setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, para siswa – siswi SMAN 1 Cerme sangat antusias dalam bertanya. Dari situ kita dapat melihat rasa ingin tahu mereka tentang HIV/AIDS ini sangat besar. Pada sesi tanya jawab ini, ada bingkisan kecil dari panitia bagi siswa/siswi yang bertanya. Sehingga menambah keseruan dalam kegiatan penyuluhan tersebut.

 

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan hiburan kecil seperti menyanyikan yel – yel bersama. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang – kenangan dari Akademi Kebidanan Mandiri Gresik kepada pihak sekolah SMAN 1 Cerme yang diwakili oleh Ketua OSIS SMAN 1 Cerme. Setelah itu acara ditutup dengan bacaan hamdalah pada pukul 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.